Juragan Transport

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu: Keajaiban Alam di Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata alam yang paling menakjubkan di Indonesia. Keindahannya yang memukau dan suasana alam yang asri membuat coban sewu ini menjadi tujuan favorit bagi para pecinta alam dan fotografer. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang keindahan alam serta memberikan panduan lengkap mengenai rute perjalanan dari Malang menuju lokasi ini.

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini juga dikenal sebagai Coban Sewu, memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari lokasi llainnya. Nama “Tumpak Sewu” dalam bahasa Jawa berarti “seribu bertumpuk,” yang merujuk pada banyaknya aliran yang jatuh dari tebing setinggi sekitar 120 meter, membentuk tirai yang lebar dan indah, memberikan pemandangan yang spektakuler.

Keindahan tidak hanya terletak pada air terjunnya saja, tetapi juga pada panorama alam di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan lembah yang hijau, tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan udara yang sejuk. Di bawah, terdapat kolam alami yang jernih dan menyegarkan, tempat yang sempurna untuk berenang atau sekadar berendam menikmati keindahan alam.

Rute dari Malang

Untuk mencapai lokasi Tumpak Sewu, berikut adalah rute  yang dapat diikuti:

1. Perjalanan ke Lumajang

Dimulai dari Kota Malang menuju Lumajang. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute berikut:

Baca juga :  Oleh-Oleh Khas Surabaya, Dari Kuliner Legendaris hingga Kerajinan Tangan Unik

Dari pusat Kota, arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Malang – Lumajang melalui Turen.
Ikuti jalan utama menuju selatan hingga Anda mencapai daerah Dampit.
Dari Dampit, lanjutkan menuju Lumajang. Rute ini akan membawa Anda melewati beberapa kecamatan seperti Tirtoyudo dan Ampelgading.

2. Menuju Desa Sidomulyo

Setelah tiba di Lumajang, arahkan perjalanan menuju Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Desa ini adalah pintu masuk utama menuju ke lokasi. Jarak dari pusat kota Lumajang ke Desa Sidomulyo sekitar 50 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi lalu lintas.

3. Trekking

Setibanya di Desa Sidomulyo, Anda akan melanjutkan dengan trekking menuju lokasi wisata. Terdapat beberapa pos dan jalur yang telah disediakan untuk memudahkan pengunjung. Perjalanan trekking ini cukup menantang karena medannya yang berbatu dan licin, terutama saat musim hujan. Namun, segala usaha dan kelelahan akan terbayar lunas ketika Anda tiba di Coban Sewu dan menyaksikan keindahannya.

Tips dan Persiapan Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke lokasi, ada beberapa tips dan persiapan yang perlu diperhatikan agar Anda berjalan lancar dan menyenangkan:

Pakaian dan Alas Kaki

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk trekking, serta alas kaki yang tidak licin. Sepatu trekking atau sandal gunung sangat direkomendasikan.

Bawa Perlengkapan

Bawa perlengkapan seperti jas hujan atau ponco, terutama jika berkunjung saat musim hujan. Jangan lupa membawa air minum, makanan ringan, serta kamera untuk mengabadikan momen indah.

Waktu Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim kemarau, antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca cenderung lebih cerah dan medan trekking lebih aman.

Pemandu Lokal

Jika Anda baru pertama kali berkunjung, sangat disarankan untuk menyewa pemandu lokal. Mereka akan membantu Anda menavigasi jalur trekking dan memberikan informasi yang berguna.

Baca juga :  Hotel Dekat Pantai Balekambang Malang

Keamanan

Selalu perhatikan keselamatan diri dan patuhi petunjuk dari pemandu atau papan informasi yang ada. Medan yang licin dan berbatu dapat berbahaya jika tidak berhati-hati.

baca juga : Pantai Balekambang Malang

Hotel Dekat Pantai Balekambang Malang

Daya Tarik Lain di Sekitar

Ada beberapa objek wisata menarik di sekitarnya yang dapat Anda kunjungi:

Goa Tetes

Goa Tetes terletak tidak jauh dari lokasi wisata. Goa ini memiliki keindahan stalaktit dan stalagmit serta aliran air yang menambah pesona alamnya. Anda bisa menjelajahi goa ini dan menikmati suasana yang tenang dan alami.

Kapas Biru

Kapas Biru juga merupakan salah satu wisata yang indah di sekitar lokasi. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, yang menawarkan pemandangan indah dan udara sejuk.

Coban Viewpoint

Coban Viewpoint adalah tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan ketinggian. Dari sini, Anda dapat melihat keindahan tempat wisata ini secara keseluruhan dan mengambil foto-foto yang spektakuler.

Kesimpulan

Tumpak Sewu adalah lokasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan yang luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan mengikuti panduan perjalanan dari Malang yang telah dijelaskan, Anda akan dapat menikmati keajaiban alam ini dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung dan selalu menjaga kebersihan serta kelestarian alam sekitar.

Doni Bastian

Doni Bastian

SEO Specialist & Web DesIgner

Artikel Terkait