Juragan Transport

Berapa Lama Perjalanan dari Malang ke Surabaya?

Perjalanan Malang Surabaya

Perjalanan dari Malang ke Surabaya merupakan salah satu rute yang paling populer di Jawa Timur, Indonesia. Kedua kota ini memiliki daya tarik masing-masing yang membuat banyak orang sering melakukan perjalanan antara keduanya. Bagi banyak orang, baik wisatawan maupun penduduk lokal, mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dari Malang ke Surabaya sangat penting untuk merencanakan perjalanan dengan baik. Artikel ini akan membahas berbagai aspek yang mempengaruhi durasi perjalanan dari Malang ke Surabaya, termasuk pilihan transportasi, kondisi jalan, dan faktor lainnya.

1. Jarak dan Rute Perjalanan

Jarak antara Malang dan Surabaya adalah sekitar 90-100 kilometer, tergantung pada rute yang dipilih. Ada beberapa rute yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Rute Utama Via Tol: Jalur tol Malang-Pandaan dan tol Surabaya-Gempol adalah pilihan tercepat karena mengurangi kemacetan dan kondisi jalan yang lebih baik.
  • Rute Via Jalan Raya: Jalan nasional atau provinsi melalui Lawang, Purwosari, dan Gempol bisa menjadi pilihan lain meskipun sering kali lebih padat.

2. Moda Transportasi

Durasi perjalanan sangat dipengaruhi oleh jenis transportasi yang digunakan. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang umum digunakan:

tol malang surabaya

a. Mobil Pribadi

Menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu cara yang paling fleksibel dan nyaman. Perjalanan melalui jalan tol biasanya memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas. Pada jam sibuk atau akhir pekan, waktu perjalanan bisa lebih lama karena kemacetan. Jika memilih rute non-tol, waktu perjalanan bisa mencapai 2,5 hingga 3 jam atau lebih.

Baca juga :  Rute Perjalanan Travel dari Malang ke Bandara Juanda

b. Bus

Bus adalah pilihan transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. Terdapat beberapa perusahaan otobus (PO) yang melayani rute Malang-Surabaya dengan berbagai kelas, mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Waktu tempuh dengan bus biasanya sekitar 2,5 hingga 3,5 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan jumlah pemberhentian.

c. Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling nyaman dan tepat waktu. Terdapat beberapa pilihan kereta yang melayani rute Malang-Surabaya, seperti kereta api ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Waktu tempuh kereta api berkisar antara 2 hingga 3 jam, tergantung pada jenis kereta dan jadwal.

d. Sepeda Motor

Bagi yang suka petualangan, perjalanan dengan sepeda motor bisa menjadi pilihan. Dengan sepeda motor, waktu tempuh bisa lebih cepat karena mudah melewati kemacetan, yakni sekitar 2 hingga 2,5 jam tergantung pada kecepatan dan kondisi jalan.

3. Kondisi Lalu Lintas

Kondisi lalu lintas merupakan faktor penting yang mempengaruhi durasi perjalanan. Pada jam-jam sibuk seperti pagi hari saat orang berangkat kerja dan sore hari saat pulang kerja, lalu lintas di beberapa titik bisa sangat padat, terutama di daerah sekitar Lawang dan Porong. Kemacetan juga sering terjadi di pintu tol dan di pusat kota Malang serta Surabaya.

4. Kondisi Jalan

Kondisi jalan juga berperan penting dalam menentukan waktu perjalanan. Jalan tol biasanya dalam kondisi baik dan lancar, sementara jalan non-tol bisa memiliki banyak hambatan seperti lubang, perbaikan jalan, dan persimpangan yang padat. Cuaca juga bisa mempengaruhi kondisi jalan, terutama saat hujan deras yang dapat menyebabkan banjir dan menghambat perjalanan.

baca juga : Harga Tiket Malang Surabaya

Berikut Harga Tiket Malang Surabaya, Naik Travel Lebih Nyaman dan Efisien

5. Faktor Lainnya

Beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Kondisi Kendaraan: Kendaraan yang dalam kondisi baik tentu akan mempercepat waktu perjalanan. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.
  • Istirahat dan Pemberhentian: Perjalanan panjang membutuhkan istirahat untuk menghindari kelelahan. Jika menggunakan mobil pribadi, berhenti sejenak di rest area bisa mempengaruhi durasi total perjalanan.
  • Keamanan: Keamanan di jalan juga harus diperhatikan. Menghindari perjalanan pada malam hari atau di daerah rawan bisa membuat perjalanan lebih aman meskipun mungkin sedikit lebih lama.
Baca juga :  Penjemputan Bandara Juanda dengan Layanan Travel

Kesimpulan

Berapa lama perjalanan dari Malang ke Surabaya sangat tergantung pada banyak faktor, termasuk pilihan transportasi, kondisi jalan, dan kondisi lalu lintas. Dengan mobil pribadi melalui jalan tol, waktu tempuh bisa sekitar 1,5 hingga 2 jam. Menggunakan bus atau kereta api biasanya memakan waktu antara 2 hingga 3,5 jam. Sepeda motor bisa lebih cepat, sekitar 2 hingga 2,5 jam, tetapi kurang nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Penting untuk merencanakan perjalanan dengan baik, mempertimbangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi durasi, dan memilih waktu yang tepat untuk menghindari kemacetan. Dengan persiapan yang baik, perjalanan dari Malang ke Surabaya bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan efisien.

Hubungi Travel Malang Surabaya – Juragan Transportku

Doni Bastian

Doni Bastian

SEO Specialist & Web DesIgner

Artikel Terkait