Juragan Transport

Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo

Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di Malang, Jawa Timur. Terletak di kawasan pegunungan, coban ini menawarkan pemandangan alam yang memukau serta udara yang segar dan sejuk. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seru yang tersedia di kawasan wisata ini. Artikel ini akan mengulas keindahan coban serta memberikan panduan lengkap mengenai rute perjalanan menuju lokasi.

Keindahan Air Terjun Coban Rondo

Coban ini memiliki ketinggian 84 meter dan terletak di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat, memberikan suasana yang asri dan alami. Aliran air yang jatuh dari ketinggian menciptakan kabut halus di sekitar area jatuhan air, menambah kesan magis dan menenangkan. Coban Rondo juga memiliki debit air yang cukup besar, terutama pada musim penghujan, sehingga menambah keindahan dan daya tariknya.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di kawasan wisata yang memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti area perkemahan, taman bermain, dan tempat istirahat. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam atau mengikuti berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan.

Legenda Coban Rondo

Nama “Coban Rondo” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Air Terjun Janda”. Menurut legenda setempat, nama berasal dari kisah seorang wanita yang menjadi janda setelah suaminya meninggal dalam pertempuran. Wanita tersebut, Dewi Anjarwati, sering mengunjungi lokasi ini untuk menenangkan diri. Kisah legenda menambah daya tarik dan misteri coban.

Baca juga :  Oleh-Oleh Khas Surabaya, Dari Kuliner Legendaris hingga Kerajinan Tangan Unik

Rute Perjalanan

Untuk mencapai lokasi Air Terjun dari Malang, Anda dapat mengikuti rute berikut:

1. Dari Malang ke Batu

Perjalanan dimulai dari Kota Malang menuju Kota Batu. Jarak antara Malang dan Batu sekitar 20 kilometer, dan perjalanan ini bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit tergantung kondisi lalu lintas. Berikut adalah rute yang bisa diikuti:

Dari pusat Kota Malang, arahkan kendaraan menuju Jalan Tlogomas.
Ikuti Jalan Raya Tlogomas hingga mencapai Jalan Raya Mulyoagung.
Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Jalan Raya Tlekung dan ikuti petunjuk jalan menuju Kota Batu.

2. Menuju Pujon

Setelah tiba di Kota Batu, lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pujon. Dari pusat Kota Batu, arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Selecta dan ikuti jalan utama menuju Pujon. Perjalanan dari Kota Batu ke Pujon memakan waktu 30 menit.

3. Menuju Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Setibanya di Pujon, Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju lokasi yang berada 12 kilometer dari pusat Kecamatan Pujon dan dapat ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Ikuti jalan utama menuju Desa Pandesari, di mana pintu masuk ke kawasan wisata berada. Anda bisa memarkir kendaraan di area parkir yang telah disediakan.

Tips dan Persiapan Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Coban Rondo, ada beberapa tips dan persiapan yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan:

Pakaian dan Alas Kaki

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan outdoor, serta alas kaki yang tidak licin. Sepatu trekking atau sandal gunung sangat direkomendasikan untuk memudahkan perjalanan.

Bawa Perlengkapan

Bawa perlengkapan seperti jaket atau pakaian hangat, terutama jika berkunjung pada pagi atau sore hari. Jangan lupa membawa air minum, makanan ringan, serta kamera untuk mengabadikan momen indah.

Baca juga :  Bandara Juanda: Ikon Kebanggaan Transportasi Udara Surabaya

Waktu Berkunjung

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Rondo adalah pada pagi atau sore hari saat cuaca cenderung lebih sejuk. Hindari berkunjung pada musim hujan karena medan bisa menjadi licin dan berbahaya.

Keamanan

Selalu perhatikan keselamatan diri dan patuhi petunjuk dari petugas atau papan informasi yang ada. Medan yang licin dan berbatu dapat berbahaya jika tidak berhati-hati.

Jaga Kebersihan

Selalu bawa kembali sampah Anda dan jaga kebersihan lingkungan sekitar. Kelestarian alam sangat penting untuk menjaga keindahan.

BACA JUGA : Air Terjun Tumpak Sewu

Aktivitas Menarik di Sekitar Lokasi

Selain menikmati keindahan air terjun, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan :

Berkemah

Kawasan wisata menyediakan area perkemahan yang luas dan nyaman. Pengunjung bisa mendirikan tenda dan menikmati suasana malam tenang di tengah hutan pinus.

Outbond

Tersedia berbagai fasilitas outbond seperti flying fox, panjat tebing, dan permainan team building yang cocok untuk kelompok atau keluarga.

Taman Labirin

Taman Labirin adalah salah satu daya tarik unik di kawasan ini. Pengunjung bisa mencoba tantangan untuk menemukan jalan keluar dari labirin terbuat dari tanaman hijau.

Bersepeda

Kawasan air terjun memiliki jalur bersepeda yang menarik dan menantang. Pengunjung bisa menyewa sepeda dan menjelajahi keindahan alam.

Memancing

Tersedia kolam pemancingan di sekitar kawasan, cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil memancing.

Kesimpulan

Coban Rondo adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan mengikuti panduan perjalanan dari Malang telah dijelaskan, Anda akan dapat menikmati keajaiban alam dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung dan selalu menjaga kebersihan serta kelestarian alam.

Doni Bastian

Doni Bastian

SEO Specialist & Web DesIgner

Artikel Terkait