Juragan Transport

Rute Perjalanan Travel dari Malang ke Bandara Juanda

Rute Malang Juanda

Rute Travel Malang Juanda menhubungkan Malang dan Surabaya adalah dua kota besar di Jawa Timur melalui berbagai jalur transportasi. Bandara Internasional Juanda, yang terletak di Sidoarjo dekat Surabaya, adalah gerbang utama untuk penerbangan domestik dan internasional di wilayah ini. Bagi mereka yang berangkat dari Malang, terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat dipilih untuk mencapai Bandara Juanda. Artikel ini akan mengulas secara rinci berbagai pilihan rute, jenis transportasi, serta tips perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda.

Rute Utama Travel dari Malang ke Bandara Juanda

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi atau Mobil Travel

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau mobil Travel Malang Juanda adalah pilihan yang fleksibel dan nyaman. Ada dua rute utama yang biasanya dipilih:

  • Via Jalan Tol Malang – Pandaan – Surabaya:
    1. Dari Malang, ambil jalur menuju Tol Malang – Pandaan (Mapan).
    2. Masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol Singosari atau Pakis.
    3. Lanjutkan perjalanan melalui Tol Mapan hingga mencapai Tol Surabaya – Gempol.
    4. Ikuti jalur tol ke arah Surabaya dan keluar di Gerbang Tol Waru/Juanda.
    5. Ikuti petunjuk jalan menuju Bandara Juanda.

    Keuntungan dari rute ini adalah kecepatan dan kenyamanan karena menghindari banyak kemacetan. Waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

  • Via Jalan Raya Malang – Surabaya:
    1. Dari Malang, ambil jalur Jalan Raya Malang – Surabaya melalui Lawang.
    2. Lanjutkan perjalanan melalui Porong dan Sidoarjo.
    3. Ikuti petunjuk arah menuju Bandara Juanda dari Sidoarjo.

    Rute ini biasanya lebih padat dan rawan macet, terutama di daerah Porong dan Sidoarjo, namun dapat menjadi alternatif jika tol sedang padat atau ada masalah.

2. Menggunakan Bus

Bus adalah pilihan transportasi yang ekonomis dan cukup nyaman. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bus dari Terminal Arjosari Malang:
    1. Dari Malang, naik bus dari Terminal Arjosari menuju Terminal Bungurasih (Purabaya) di Surabaya.
    2. Dari Terminal Bungurasih, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda dengan menggunakan taksi, ojek online, atau shuttle bus yang tersedia di terminal.

    Perjalanan dengan bus biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam tergantung kondisi lalu lintas dan ketersediaan bus.

3. Menggunakan Kereta Api

Kereta api adalah opsi lain yang nyaman dan bebas macet. Berikut adalah detailnya:

  • Kereta Api dari Stasiun Malang ke Stasiun Gubeng Surabaya:
    1. Naik kereta api dari Stasiun Malang (Malang Kota Baru atau Malang Kota Lama) menuju Stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi di Surabaya.
    2. Dari Stasiun Gubeng atau Pasar Turi, lanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda menggunakan taksi atau transportasi online.

    Waktu tempuh kereta api sekitar 2 hingga 3 jam tergantung jenis kereta. Perjalanan ini nyaman karena tidak terpengaruh oleh kemacetan lalu lintas.

4. Menggunakan Shuttle Bus atau Travel

Banyak perusahaan travel yang menawarkan layanan shuttle dari Malang langsung ke Bandara Juanda. Beberapa langkahnya adalah:

  • Pesan Layanan Travel:
    1. Pesan layanan travel dari salah satu agen travel terpercaya di Malang.
    2. Penjemputan biasanya dilakukan di lokasi yang telah disepakati, seperti hotel atau titik penjemputan umum.
    3. Travel akan langsung mengantar Anda ke Bandara Juanda.

    Keuntungan menggunakan travel adalah kenyamanan dan kemudahan karena tidak perlu berganti moda transportasi. Waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Baca juga : Berapa Lama Perjalanan dari Malang ke Surabaya

Berapa Lama Perjalanan dari Malang ke Surabaya?

Tips Perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda

  1. Rencanakan Waktu Keberangkatan: Usahakan berangkat lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan atau hal-hal tak terduga di jalan.
  2. Periksa Kondisi Lalu Lintas: Gunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk memeriksa kondisi lalu lintas dan mencari rute tercepat.
  3. Bawa Dokumen Perjalanan: Pastikan Anda membawa semua dokumen perjalanan seperti tiket pesawat, identitas, dan bukti vaksinasi jika diperlukan.
  4. Siapkan Uang Tunai: Meskipun banyak tempat menerima pembayaran digital, selalu baik untuk membawa uang tunai sebagai cadangan, terutama untuk pembayaran tol, parkir, atau tips.
  5. Cek Kondisi Kendaraan: Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dengan bahan bakar yang cukup.
  6. Pilih Transportasi Sesuai Kebutuhan: Sesuaikan pilihan transportasi dengan kebutuhan Anda. Jika membawa banyak barang atau bepergian dengan keluarga, mobil pribadi atau travel mungkin lebih nyaman.
  7. Gunakan Transportasi Online: Transportasi online seperti Gojek atau Grab dapat menjadi alternatif yang praktis untuk mencapai bandara dari titik-titik tertentu di Surabaya atau Sidoarjo.

Kesimpulan

Perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda menawarkan beberapa pilihan rute dan moda transportasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Kendaraan pribadi atau sewaan menawarkan fleksibilitas, sementara bus, kereta api, dan shuttle travel memberikan opsi yang ekonomis dan nyaman. Apapun pilihan Anda, perencanaan yang matang dan memeriksa kondisi perjalanan sebelum berangkat adalah kunci untuk memastikan perjalanan yang lancar dan menyenangkan. Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat menikmati perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda tanpa hambatan yang berarti.

Baca juga :  11 Barang Penting Wajib Dibawa Saat Travelling, Jangan Ketinggalan!
Doni Bastian

Doni Bastian

SEO Specialist & Web DesIgner

Artikel Terkait