Juragan Transportku – Travel Malang

BALOGA (Batu Love Garden), Harga Tiket, Fasilitas, dan Wahana Seru

Batu Love Garden

Batu Love Garden (Baloga) adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai jenis tanaman dan wahana dalam satu area. Terletak di bawah naungan Jatim Park Group, Baloga menampilkan sekitar 600 varietas bunga yang berbeda. Sekitar 30 persen dari koleksi bunga di sini diimpor dari luar negeri, seperti bunga petunia yang berasal dari Amerika Serikat. Luas Baloga mencapai 7 hektare, menggabungkan pengalaman wisata indoor dan outdoor yang menarik.

Baloga menawarkan pengunjungnya berbagai daya tarik, mulai dari keindahan tanaman hingga wahana yang menarik perhatian. Tempat ini tidak hanya menjadi santapan mata bagi pecinta bunga, tetapi juga menyediakan wahana dan pertunjukan yang menghibur. Fasilitas yang lengkap termasuk jam operasional yang memudahkan pengunjung untuk menikmati semua yang ditawarkan oleh Baloga.

Bagi yang ingin menikmati pengalaman di Baloga, informasi lengkap mulai dari sejarah, daya tarik, wahana, pertunjukan, fasilitas, jam operasional, hingga harga tiket masuk dapat ditemukan di sana.

Mengenal BALOGA (Batu Love Garden)

Batu Love Garden, yang biasa disebut Baloga Batu, dibuka pada tahun 2020 sebagai destinasi wisata yang menyambut liburan akhir tahun. Tempat rekreasi ini menghadirkan konsep taman bunga yang menawan.

Baloga memiliki luas area seluas 7 hektar dan dapat menampung hingga 1.500 pengunjung secara maksimal. Wisata populer di Malang ini terbagi menjadi dua bagian: taman indoor dan taman outdoor. Di taman indoor, pengunjung akan menemukan replika bunga atau bunga tiruan sebagai dekorasi utama.

Di sisi lain, taman outdoor Baloga Batu menampilkan berbagai spesies bunga asli dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik. Tanaman bunga diletakkan dalam pot-pot dan diatur sedemikian rupa untuk menciptakan desain yang menawan. Koleksi bunga yang dipamerkan di taman outdoor ini sebanding dengan Batu Flower Garden di Malang.

Untuk menjaga keindahan dan kualitas koleksi bunga, Baloga Batu memiliki tim ahli yang sangat berpengalaman dalam perawatan tanaman.

Lokasi dan Rute

Baloga Batu, destinasi taman bunga kekinian, terletak di Jalan Pandanrejo No. 91, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang, pengunjung dapat mencapai lokasi ini dalam waktu sekitar 42 menit melalui rute Jalan Raya Lawang-Malang atau melalui Jalan Raya Malang-Gempol.

Untuk menuju Batu Love Garden (Baloga) dari Kota Malang, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Dari pusat Kota Malang, arahkan ke utara menuju Jalan Raya Lawang.
  2. Ikuti Jalan Raya Lawang-Malang menuju arah utara hingga mencapai Jalan Pandanrejo di Bumiaji, Kota Batu.
  3. Belok kanan ke Jalan Pandanrejo dan lanjutkan perjalanan hingga mencapai nomor 91, di mana Batu Love Garden berlokasi.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan rute dari Jalan Raya Malang menuju Gempol, lalu berbelok ke arah Jalan Pandanrejo untuk mencapai destinasi tersebut.

Jam Buka Batu Love Garden

Batu Love Garden beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB. Termasuk pada hari libur nasional, Baloga tetap buka dengan jam operasional yang sama.

Pada akhir pekan, pengunjung dapat menikmati acara Baloga Flower Parade yang diadakan secara rutin. Acara ini menambah keseruan kunjungan Anda dengan menyajikan parade bunga yang memukau.

Fasilitas di Batu Love Garden

Berikut adalah fasilitas lengkap yang tersedia di Batu Love Garden (Baloga):

  1. Area parkir luas dan berpaving untuk sepeda motor, mobil, minibus, dan bus pariwisata.
  2. Pusat informasi untuk mendapatkan informasi lengkap dari petugas wisata.
  3. Toilet umum, termasuk fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas.
  4. Foodcourt dengan menu makanan dan minuman variatif, termasuk kuliner khas Malang.
  5. Charger station untuk perangkat elektronik.
  6. Mushola untuk kebutuhan ibadah.
  7. Pusat penitipan barang.
  8. E-bike yang tersedia untuk menyusuri area taman outdoor dengan cara yang nyaman dan menyenangkan.

Wahana-Wahana Menarik di Batu Love Garden

Classic Car

Nikmati pengalaman berkeliling area taman menggunakan wahana bernama Classic Car. Anda dapat menikmati perjalanan santai bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman.Classic Car ini adalah wahana kendaraan listrik yang memiliki jalur tersendiri, sehingga memberikan pengalaman yang simpel namun menyenangkan bagi pengunjung.

Walang Greenhouse

Walang Greenhouse memiliki desain yang sangat unik karena menyerupai bentuk belalang (walang dalam Bahasa Jawa). Bentuknya yang khas sering menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen di depannya sebagai objek fotografi.

Zona Fresh Flower

Area Zona Fresh Flower ini merupakan ruang spesial yang didedikasikan untuk berbagai jenis bunga hidup. Salah satu daya tarik utamanya adalah instalasi seni bunga yang sangat kreatif dan menawan.Sebagai contoh, terdapat instalasi seni bunga yang menggambarkan Burung Merak dengan bulu-bulunya yang terbuat dari rangkaian bunga segar berwarna-warni.

Zona Artificial Flower

Zona Artificial Flower memamerkan koleksi bunga buatan yang menyerupai bunga asli dalam bentuk dan warna.Karya-karya ini merupakan hasil kreativitas seniman yang spektakuler, termasuk juga karya-karya buatan lokal.

Zona Died Flower

Zona Died Flower adalah tempat khusus untuk mempelajari cara pengelolaan tanaman bunga yang telah mengering. Pengunjung dapat menemukan berbagai informasi tentang perawatan dan manfaat dari tanaman bunga yang telah mati di sini.

Zona Aquaponik dan Hidroponik

Zona Aquaponik dan Hidroponik di Baloga Batu Love Garden menampilkan berbagai jenis sayuran segar yang ditanam menggunakan sistem hidroponik dan aquaponik.Pengunjung dapat memperoleh pengetahuan langsung dari para ahli tentang teknik bercocok tanam menggunakan kedua sistem ini.

Taman Gaya

Di Taman Gaya, pengunjung dapat mengekspresikan gaya atau berpose di spot-spot yang unik dan estetik. Dekorasinya didominasi oleh warna putih dan navy blue yang kontras namun cantik.Spot-spot foto ini dilengkapi dengan ornamen berbagai set furniture untuk melengkapi pengalaman berfoto Anda.

Baca Juga: 10 Wisata Malang Dekat Stasiun, Bisa Untuk Meluangkan Waktu

Wisata Edukatif

Selain sebagai tempat rekreasi yang menarik, Baloga juga menghadirkan pengalaman wisata edukatif yang berfokus pada pelestarian alam. Berbeda dengan Jatim Park 1 dan 2, Baloga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk belajar tentang teknik bercocok tanam berbagai jenis bunga, sayuran, dan buah-buahan.