Juragan Transportku – Travel Malang

Istilah-Istilah Sewa Mobil Yang Penting Untuk Dipahami, Carter Drop?

Istilah-Istilah Sewa Mobil

Istilah-Istilah Sewa Mobil – Saat pertama kali menyewa kendaraan, mungkin Anda akan merasa asing dengan beberapa istilah dalam dunia rental mobil. Informasi yang disampaikan mungkin tidak sepenuhnya Anda pahami. Dalam proses penyewaan mobil, ada istilah ‘sewa mobil lepas kunci’ yang sering ditemui.

Kode-kode atau istilah tertentu pun biasanya digunakan oleh orang yang bekerja di bidang ini, namun bisa jadi tidak familiar bagi orang awam. Untuk menghindari kebingungan, penting untuk mengetahui beberapa istilah sewa mobil.

Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda tidak akan bingung ketika ada menjelaskan detail penyewaan mobil. Sewa mobil ini kini sedang berkembang pesat, sehingga pengetahuan tentang istilah-istilah ini sangat bermanfaat. Berikut selengkapnya:

Istilah-Istilah Sewa Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Lepas Kunci

Istilah “lepas kunci” adalah salah satu yang paling umum dalam persewaan mobil. Istilah ini berarti penyedia jasa sewa mobil memberikan mobil tanpa menyertakan pengemudi.Dengan kata lain, Anda akan menerima kunci mobil dan mengemudikannya sendiri.

Sewa mobil lepas kunci memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin bebas menggunakan mobil tanpa harus didampingi oleh pengemudi. Namun, bagi penyedia jasa, perlu ada aturan bahwa penyewa harus bisa mengemudi dan mengetahui rute yang dituju untuk menggunakan layanan sewa mobil lepas kunci ini.

Sewa Mobil All In

Jika sebelumnya membahas menyewa mobil tanpa pengemudi, istilah sewa mobil all in adalah kebalikan dari lepas kunci.

Sewa mobil all in berarti ketika Anda menyewa mobil dan membayar, semua fasilitas seperti biaya makan pengemudi, BBM, biaya parkir, dan tol sudah termasuk dalam paket tersebut.

Jenis sewa mobil all in ini memang cenderung lebih mahal dibandingkan penyewaan mobil lainnya. Namun, jika Anda mengutamakan kenyamanan dan keamanan tanpa ingin repot mengurus berbagai hal, sewa mobil all in adalah pilihan yang tepat.

Sewa Mobil Pick and Drop

Istilah “pick and drop” dalam sewa mobil mengacu pada penyewaan mobil untuk satu kali perjalanan pulang pergi saja.

Sebagai contoh, Anda menyewa mobil untuk pergi dari bandara ke hotel, atau sebaliknya. Biasanya, biaya operasional seperti BBM, pengemudi, tol, dan parkir sudah termasuk dalam paket sewa.

Sebelum menggunakan layanan sewa mobil pick and drop, penting untuk diketahui bahwa Anda hanya bisa mengunjungi satu destinasi saja sesuai kesepakatan awal. Anda tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke tempat lain selain yang telah disepakati.

Half Day

Sewa Half Day maksudnya penggunaan kendaraan selama setengah hari, yang biasanya mencakup waktu sekitar 6 jam hingga 12 jam tergantung dari kebijakan penyedia layanan. Layanan ini cocok bagi pelanggan yang hanya membutuhkan mobil untuk beberapa jam saja, seperti untuk foto prewedding atau kegiatan singkat lainnya.

Perusahaan seperti Bali Premium Trip menawarkan opsi Sewa Half Day dengan durasi yang fleksibel, dimulai dari 6 jam hingga 12 jam. Hal ini memungkinkan penyewa untuk menggunakan kendaraan hanya selama waktu yang dibutuhkan tanpa harus membayar biaya penuh sepanjang hari.

Sewa Full Day

Sewa Full Day menawarkan penggunaan kendaraan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan Sewa Half Day. Umumnya, Sewa Full Day mencakup waktu dari 16 jam hingga 24 jam tergantung pada kebijakan penyedia layanan.

Bali Premium Trip, sebagai contoh, menyediakan opsi Sewa Full Day dimulai dari 24 jam. Ini memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobil selama periode waktu yang lebih panjang, cocok untuk perjalanan jangka waktu penuh atau kegiatan yang memerlukan mobilitas tanpa batasan waktu yang ketat.

Over Time

Over Time dalam konteks sewa mobil merujuk pada kelebihan waktu penggunaan kendaraan melebihi batas durasi yang telah disepakati pada awal penyewaan. Sebagai contoh, jika Anda menyewa mobil dari Bali Premium Trip untuk 12 jam dengan batas waktu pengembalian pukul 17.00, namun aktivitas Anda berlanjut hingga pukul 19.00, Anda dianggap terlambat 2 jam.

Dalam situasi Over Time, Anda akan dikenai biaya tambahan sesuai kebijakan penyedia jasa sewa. Biasanya, biaya overtime dihitung per jam dan bervariasi antara 10-20% dari total biaya sewa per jam. Sebagai ilustrasi, jika biaya sewa mobil Anda adalah 800 ribu rupiah dan tarif overtime yang dikenakan adalah 20%, maka biaya tambahan yang harus Anda bayar adalah 320 ribu rupiah (800.000 x 20%) untuk 2 jam keterlambatan.

Ketika terjadi Over Time, penting untuk memahami dan mengikuti kebijakan penyedia sewa mobil untuk menghindari biaya tambahan yang tidak terduga.

Deposit

Deposit istilah pada umumnya, dimana sejumlah uang jaminan yang harus diserahkan oleh penyewa kepada perusahaan rental mobil sebelum mendapatkan kendaraan yang disewa. Tujuan utama dari deposit ini adalah untuk menjamin bahwa penyewa akan mematuhi semua ketentuan dalam kontrak sewa mobil. Setelah masa sewa berakhir, deposit ini akan dikembalikan kepada penyewa, dikurangi dengan biaya-biaya tertentu seperti biaya perbaikan atau penggantian jika terjadi kerusakan atau kehilangan mobil.

Fungsi deposit sangat penting karena bertujuan untuk melindungi perusahaan rental mobil dari kemungkinan kerugian finansial akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan selama masa sewa.

Besaran deposit yang diminta biasanya berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan rental dan jenis mobil yang disewa. Umumnya, semakin mahal atau berharga tinggi mobil yang disewa, semakin besar pula jumlah deposit yang diperlukan. Deposit ini mdimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kepercayaan antara penyewa dan perusahaan rental.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Surabaya, Dari Kuliner Legendaris hingga Kerajinan Tangan Unik

Carter Drop

Carter drop adalah layanan di mana Anda dapat menyewa mobil beserta supir dan sudah termasuk biaya bahan bakar (BBM) untuk sekali antar tanpa menunggu atau mengantar kembali penumpangnya. Layanan ini biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sewa mobil biasa.

Layanan Carter Drop ini juga ditawarkan oleh Juragan Transport. Yang merupakan opsi privat untuk perjalanan antara Malang dan Bandara Juanda, Surabaya. Berbeda dengan travel reguler Malang Juanda yang mengangkut beberapa penumpang sekaligus, layanan Carter Drop ini memungkinkan Anda untuk menikmati perjalanan secara eksklusif tanpa penumpang lain di mobil tersebut.

Salah satu perbedaan utama antara Layanan Carter Drop Malang Juanda dan travel reguler adalah keprivatan yang ditawarkan. Dalam Carter Drop, Anda tidak perlu berbagi mobil dengan orang lain sehingga Anda dapat menikmati kenyamanan perjalanan yang lebih pribadi dan sesuai dengan jadwal Anda sendiri. Anda juga memiliki kebebasan untuk menentukan jam penjemputan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Estimasi waktu perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas dan pemilihan rute. Secara normal, perjalanan melalui tol dapat memakan waktu sekitar 1,5 jam, sementara perjalanan tanpa tol mungkin memakan waktu lebih lama, sekitar 3 jam. Dengan Layanan Carter Drop ini, Anda dapat menyesuaikan rute dan waktu perjalanan sesuai keinginan pribadi Anda untuk memastikan keefektifan dan kenyamanan selama perjalanan.