Juragan Transportku – Travel Malang

Wisata Air Terjun Coban Rondo, Daya Tarik dan Berbagai Mitosnya

Air Terjun Coban Rondo

Wisata Air Terjun Coban Rondo – Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun terkenal di Jawa Timur. Selain keindahannya, air terjun ini juga memiliki legenda dan mitos yang menyelimutinya. Menurut situs Pemkab Malang, Coban Rondo telah menjadi destinasi legendaris dan terkenal sejak era 1980-an. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dengan sumber air yang berasal dari mata air Cemoro Dudo.

Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Tempat ini menawarkan udara segar dan pemandangan alam yang mempesona, menjadikannya destinasi favorit bagi banyak wisatawan.

Jika Anda berencana mengunjungi Coban Rondo, sebaiknya ketahui informasi penting seperti lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk terbaru. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik.

Mengenai Wisata Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Banyak orang mengunjungi tempat ini karena air terjun dan labirin yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari pusat kota Malang atau sekitar 12 km dari kota Batu.

Selain keindahan air terjunnya, Coban Rondo juga menawarkan berbagai wahana wisata dan fasilitas pendukung lainnya. Beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini termasuk kebun buah, bumi perkemahan, mancakrida, flying fox, dan sepeda gunung.

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Sejarah Coban Rondo terkait dengan cerita rakyat tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Setelah beberapa hari menikah, mereka ingin pergi ke Gunung Anjasmoro. Namun, menurut adat Jawa kuno, pengantin baru dilarang bepergian jika usia pernikahan belum genap selapan. Meskipun dilarang, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo tetap nekat pergi.

Di tengah perjalanan, rombongan mereka dicegat oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Pertarungan pun terjadi antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo. Untuk tetap aman, Dewi Anjarwati bersembunyi di balik air terjun sambil menunggu Raden Baron Kusumo kembali menjemputnya. Sayangnya, baik Joko Lelono maupun Raden Baron Kusumo tewas dalam pertarungan tersebut, sehingga Dewi Anjarwati menjadi janda.

Air terjun tempat Dewi Anjarwati bersembunyi inilah yang kemudian dinamakan Coban Rondo, yang berarti Air Terjun Janda. Hingga kini, cerita ini masih dipercaya oleh masyarakat dan menjadi salah satu daya tarik dari Air Terjun Coban Rondo.

Lokasi dan Rute

Objek wisata Coban Rondo berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Jalan Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Lokasinya sekitar 12 km dari Kota Batu atau 20 km dari pusat Kota Malang.

Jika Anda datang dari Kota Batu, pintu masuk ke Wisata Coban Rondo dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan mobil. Banyak wisatawan memilih menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum karena menggunakan transportasi umum mengharuskan beberapa kali pergantian kendaraan dan biaya yang lebih tinggi.

Sebagai salah satu agen travel terkemuka di Malang, Anda bisa menggunakan jasa dari Juragan Transport untuk memudahkan wisata Anda ke Air Terjun Coban Rondo ini. Juragan Transportku menyediakan layanan rental mobil dengan sopir atau lepas kunci, serta perjalanan wisata di Malang dan sekitarnya. Kami juga menawarkan layanan travel antara Malang-Surabaya dan Malang-Bandara Juanda. Dengan fokus pada pelayanan terbaik kepada pelanggan, Juragan Transportku siap mendukung perjalanan Anda di wilayah Jawa Timur.

Untuk menuju ke objek wisata ini, patokan yang bisa digunakan adalah pertigaan patung sapi di Pujon. Setelah melewati pertigaan ini, Anda akan sampai di loket masuk. Dari loket masuk, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sebelum mencapai area air terjun. Selama perjalanan, Anda akan menikmati pemandangan hutan yang hijau dan dapat mencoba beberapa wahana yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Biaya masuk ke Coban Rondo cukup terjangkau, terutama jika Anda berkunjung bersama rombongan. Berikut adalah tabel rincian biaya yang perlu Anda bayar untuk menikmati keindahan Coban Rondo.

RetribusiTarif
Tiket Masuk WeekdaysRp25.000,00 – Rp35.000,00
Tiket Masuk WeekendsRp40.000,00
Tiket Masuk TerusanRp40.000,00
Offroad JeepRp100.000,00 – Rp250.000,00
Berkuda DelmanRp15.000,00
PanahanRp15.000,00
ScooterRp25.000,00
Flying FoxRp30.000,00
ATVRp30.000,00 – Rp150.000,00

Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola Coban Rondo. Namun, daftar harga ini bisa Anda jadikan perkiraan sebelum berkunjung ke Malang.

Mitos-Mitos yang Beredar di Masyarakat

Mitos sebenarnya merupakan cerita kuno tentang dewa dan pahlawan dari zaman dahulu yang memberikan penjelasan tentang asal-usul alam semesta, manusia, dan kebudayaan bangsa, sering kali dengan makna mendalam yang diungkapkan secara gaib. Apa saja mitos yang beredar di masyarakat mengenai Air Terjun Coban Rondo ini. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo sebagai pasangan yang belum menikah konon membawa sial, karena dipercayai bahwa Dewi Anjarwati tidak menginginkan orang bersenang-senang di tempat yang mempersembahkan kesedihannya.
  2. Di tempat ini, terdapat larangan keras untuk membuang sampah atau melakukan kegiatan buang air sembarangan karena diyakini sebagai tempat hunian makhluk halus. Menurut mitosnya, pelanggaran terhadap aturan ini dapat menarik tulah dan kehadiran makhluk halus hingga ke rumah.
  3. Masyarakat setempat memegang teguh tradisi Selapanan Jawa yang melarang pengantin baru untuk bepergian sebelum genap delapan hari. Pelanggaran terhadap tradisi ini diyakini dapat membawa konsekuensi buruk bagi pasangan yang melanggarnya.
  4. Menurut mitos yang beredar, Dewi Anjarwati masih dikatakan mendiami air terjun ini dan dikatakan bahwa saat dia sedih, dia akan mengajak berbicara perempuan yang berada di sekitar Air Terjun Coban Rondo.

Meskipun begitu, keindahan alam yang disuguhkan oleh Air Terjun Coban Rondo tetap menjadi daya tarik utama bagi para pengunjungnya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu tujuan wisata alam yang menakjubkan di Kota Batu yang tidak boleh dilewatkan oleh Moms.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 84 meter dan menampilkan pemandangan alam yang memukau. Terletak pada ketinggian sekitar 1.135 meter di atas permukaan laut, air terjun ini berasal dari sumber air di kaki Gunung Kawi yang tidak jauh dari area Coban Rondo.

Kunjungan ke tempat ini memberikan pengalaman suasana yang sejuk dan menyegarkan sepanjang waktu. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berfoto dengan pemandangan alam yang indah, berpose selfie, melakukan trekking, atau hanya menikmati keindahan alam sekitar air terjun.

Selain itu, Coban Rondo menawarkan berbagai kegiatan seru lainnya, termasuk area outbond yang cocok untuk keluarga dan wahana seperti Fun Tubing yang menawarkan pengalaman mendebarkan beraktivitas di sungai dengan arus deras.

Dengan banyaknya kegiatan dan wahana yang tersedia, tempat ini menjadi destinasi ideal untuk rekreasi bersama keluarga, teman, atau sahabat. Di area wisata ini, tersedia juga fasilitas camping bagi pengunjung yang ingin berkemah. Untuk yang mencari penginapan, terdapat beragam pilihan seperti vila, hotel, resort, dan lainnya untuk kenyamanan yang lebih selama mengunjungi Coban Rondo.