Juragan Transport

Berikut 10 Cara Memilih Tempat Duduk Saat Berlibur Bersama

Memilih tempat duduk

Memilih Tempat Duduk – Bepergian dengan menyewa mobil, Elf, dan bus pariwisata bisa sangat menyenangkan, terutama ketika dilakukan bersama teman sekolah, rekan kerja, atau keluarga besar. Namun, bagi orang yang mudah mabuk perjalanan, pengalaman ini bisa berbeda. Perjalanan yang seru bisa berubah menjadi menyiksa.

Beberapa orang memang cenderung mabuk saat berkendara dan biasanya mengonsumsi obat anti mabuk sebelum naik bus. Namun, tahukah Anda bahwa ada posisi duduk tertentu yang dapat mengurangi rasa mual akibat mabuk kendaraan?

10 Cara Memilih Tempat Duduk

Perjalanan jarak jauh dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya bisa memakan waktu yang panjang dalam mobil atau Elf. Namun, masalahnya bukan pada harga sewa mobil, melainkan rasa tidak nyaman akibat mabuk kendaraan selama perjalanan.

Tidak ada yang ingin bertamasya dengan kondisi tubuh yang tidak enak. Cobalah mengatur posisi duduk, karena ternyata ada area-area tertentu dalam mobil, Elf, maupun bus pariwisata yang bisa membantu mengurangi mabuk perjalanan.

Menghindari Kursi di Paling Depan dan Paling Belakang

Pertama, disarankan untuk tidak memilih tempat duduk di bagian paling depan atau belakang bus. Kursi-kursi di depan sering dihindari oleh penumpang karena pandangan yang terlalu dekat dengan jalan dapat mengganggu kenyamanan. Selain itu, data menunjukkan bahwa sebagian besar kecelakaan bus terjadi di bagian depan, sehingga penumpang di sana memiliki risiko lebih tinggi mengalami cedera.

Namun, ada juga keuntungan memilih kursi di deretan depan. Misalnya, terdapat lebih banyak ruang untuk kaki, memungkinkan penumpang lebih leluasa bergerak dan menghindari kekakuan otot. Selain itu, dengan duduk di depan, penumpang dapat lebih cepat berkomunikasi dengan sopir jika terjadi situasi darurat atau perilaku berkendara yang berbahaya.

Perhatikan Jarak dari Pintu

Saat memilih tempat duduk di bus, perhatikan jaraknya dari pintu. Kursi yang terlalu dekat dengan pintu keluar atau pintu darurat mungkin kurang nyaman karena sering terganggu oleh penumpang yang masuk dan keluar.

Baca juga :  5 Tips Backpacker ke Malang, Hemat dan Seru!

Sebaliknya, pilihlah kursi yang berada lebih jauh dari pintu untuk mendapatkan suasana yang lebih tenang dan nyaman selama perjalanan. Dengan memilih kursi yang tepat, Anda bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan minim gangguan.

Duduk Dekat Sopir

Jika Anda merasa khawatir tentang keamanan saat naik bus, memilih tempat duduk dekat sopir bisa menjadi pilihan yang lebih nyaman. Dengan duduk di dekat sopir, Anda bisa merasa lebih terkendali dan dapat mengawasi cara bus dikemudikan. Anda juga bisa memberikan saran kepada sopir jika Anda merasa kecepatan atau gaya mengemudi terlalu berisiko.

Dalam beberapa kecelakaan bus, kemampuan sopir untuk bereaksi cepat dan menghindari bahaya sering kali menjadi faktor penentu, sehingga duduk dekat sopir dapat memberikan rasa aman tambahan.

Pilihlah Kursi yang Lega

Ruang kaki yang memadai sangat penting saat memilih tempat duduk di dalam bus. Keterbatasan ruang kaki dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terutama bagi penumpang yang memiliki kaki panjang.

Pilihlah kursi yang menyediakan ruang kaki yang cukup agar penumpang dapat merasa nyaman untuk meregangkan kaki selama perjalanan. Dengan begitu, pengalaman perjalanan akan lebih menyenangkan dan nyaman bagi semua penumpang.

Hindari Tempat Duduk di Atas Roda

Sebaiknya hindari tempat duduk yang berada di atas roda bus untuk mengurangi guncangan saat bus melewati gundukan atau lubang di jalan. Pilihlah tempat duduk di tengah bus agar guncangannya tidak terlalu terasa. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman tanpa terganggu oleh guncangan kuat dari roda bus.

Hindari Kursi di Dekat Toilet

Sebaiknya hindari kursi yang berdekatan dengan toilet di bus. Meskipun terlihat nyaman karena akses yang mudah, sering kali terdapat bau dan kebisingan yang tidak menyenangkan dari area toilet.

Selain itu, aktivitas penumpang yang menggunakan toilet dapat mengganggu kenyamanan penumpang di sekitarnya. Lebih baik memilih kursi yang jauh dari area toilet untuk pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan tenang.

Jendela dan Ventilasi

Perhatikan Jendela dan Ventilasi ketika memilih tempat duduk di dalam bus. Jika Anda menyukai pemandangan, pilih kursi yang berdekatan dengan jendela agar bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.Pastikan juga ada ventilasi yang baik di sekitar kursi, seperti AC yang berfungsi baik atau jendela yang dapat dibuka, untuk menjaga kenyamanan udara selama perjalanan. Dengan memperhatikan hal ini, pengalaman perjalanan akan lebih menyenangkan dan nyaman.

Baca juga :  Tips Perjalanan dari Malang ke Bandara Juanda, Agar Hemat Budget dan Check In Dengan Mudah

Periksa Kondisi AC

Pastikan untuk memeriksa kondisi AC di atas tempat duduk saat memilih kursi di bus untuk perjalanan jarak jauh. Pilih tempat duduk yang AC-nya berfungsi baik untuk menjaga udara di dalam bus tetap dingin dan nyaman selama perjalanan. Pastikan AC tidak mati, dapat diatur suhu sesuai keinginan, dan tidak ada kebocoran air dari AC. Dengan memilih tempat duduk di mana AC dalam kondisi baikm menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa perlu khawatir tentang udara yang panas atau tidak nyaman.

Pilih Kursi di Tengah

Tempat duduk di deretan tengah adalah posisi yang paling nyaman untuk perjalanan dengan bus. Dengan jarak yang cukup dari depan dan belakang, guncangan dari roda bus dapat diminimalkan sehingga perjalanan terasa lebih halus dan nyaman.

Bagian belakang bus cenderung mengalami guncangan yang lebih kuat, sehingga biasanya dihindari untuk kenyamanan penumpang. Karena pentingnya kenyamanan dan keamanan selama perjalanan, banyak penumpang memilih kursi di bagian tengah atau sedikit ke depan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Surabaya, Dari Kuliner Legendaris

Perhatikan Keamanan

Saat memilih tempat duduk di dalam bus, penting untuk mempertimbangkan keamanan selain kenyamanan. Pilih kursi yang mudah diakses oleh petugas keamanan atau petugas darurat jika terjadi keadaan darurat.

Selain itu, hindari kursi yang terlalu dekat dengan pintu darurat atau tangga darurat yang bisa menghambat evakuasi cepat. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memastikan keamanan pribadi dan penumpang lainnya selama perjalanan.

Itulah beberapa cara memilih tempat saat pergi berlibur bersama agar aman nyaman dan anti mabuk. Anda bisa memesan rental mobil dari Juragan Transport melalui situs web mereka atau menghubungi nomor 085604002143. Juragan Transport menyediakan berbagai armada kendaraan untuk liburan atau kebutuhan operasional kantor.

Juragan Transport menawarkan berbagai kemudahan dalam berkendara, mulai dari mobil penumpang biasa hingga mobil mewah, serta kendaraan logistik dan heavy duty untuk rental jangka panjang maupun pendek. Anda dapat melakukan perjalanan dari Malang ke Surabaya dengan layanan travel yang mereka sediakan, atau menyewa mobil untuk keperluan lainnya dengan mudah dan fleksibel.

Tim Redaksi

Tim Redaksi

Juragan Transport Malang siap membantu perjalanan dengan Travel Malang Surabaya dan Travel Malang Juanda atau penjemputan dari Bandara Juanda ke kota Malang & ke Kota Wisata Batu.

Artikel Terkait