Juragan Transportku – Travel Malang

Kebun Raya Mangrove Surabaya, Harga Tiket dan Aktivitas Menariknya

Kebun Raya Mangrove Surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya – Terdapat banyak tempat wisata di sekitar Bandara Juanda, Jawa Timur yang sayang jika dilewatkan. Terutama bagi Anda yang baru datang dari luar kota, Anda bisa memulai dari tempat wisata yang terletak tak jauh dari Bandara Juanda.

Wisata di sekitar Bandara Juanda ini didominasi oleh wisata alam seperti taman dan hutan. Sebagian besar tempat ini bisa dikunjungi secara gratis, dan jika ada biaya masuk, harganya cukup terjangkau.

Nah kebun Raya Mangrove Surabaya, yang pertama di Indonesia berlokasi di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Jika berangkat dari Bandara Juanda, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit menggunakan mobil.

Mengenal Kebun Raya Mangrove Surabaya

Tempat wisata di Surabaya ini adalah bagian dari Kebun Raya Mangrove di Kota Surabaya. Awalnya, area ini dikembangkan sebagai bagian dari penataan hutan mangrove untuk mencegah potensi bencana.

Dengan luas 24 hektar, Kebun Raya Mangrove terbagi menjadi empat area: Keputih, Wonorejo, Gunung Anyar, dan Sukolilo. Saat ini, baru dua area yang telah selesai dikembangkan, salah satunya adalah Mangrove Gunung Anyar. Area wisata Gunung Anyar terbagi menjadi dua zona: zona sungai dan zona wisata.

Zona wisata dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan warga dan wisatawan yang berkunjung.Zona wisata ini memiliki jogging track, mushola, gazebo, serta beberapa spot cantik untuk berfoto. Di antara berbagai fasilitas tersebut, menara pandang menjadi daya tarik utamanya.

Lokasi dan Rute

Lokasi Kebun Raya Mangrove Surabaya berada di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana dari Bandara Juanda, Anda bisa mengambil rute berikut ini:

Rute dari Bandara Juanda:

  • Dari Bandara Juanda, ambil arah menuju Jalan Raya Bandara Juanda.
  • Lanjutkan ke Jalan Ir. H. Juanda.
  • Belok kanan ke Jalan Raya Waru.
  • Lanjutkan ke Jalan Raya Wonorejo hingga mencapai Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati.
  • Ikuti jalan ini hingga tiba di Hutan Mangrove Gunung Anyar. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan mobil.

Jam Operasional

Kebun Raya Mangrove Surabaya buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore WIB. Jam operasional ini tetap berlaku saat liburan akhir pekan dan hari libur nasional.

Kawasan Kebun Raya Mangrove Surabaya adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama keluarga atau orang terdekat Anda.

Fasilitas di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Fasilitas di Kebun Raya Mangrove Surabaya meliputi beberapa fasilitas yang tersedia untuk pengunjung. Salah satunya adalah mushola sederhana yang dilengkapi dengan perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, dan sarung.

Selain itu, tersedia juga area parkir meskipun tidak sebesar di Kenjeran Park, namun cukup untuk menampung kendaraan bermotor dan mobil pengunjung. Pengaturan parkir dilakukan oleh juru parkir yang siap membantu pengunjung.

Namun, saat ini belum tersedia fasilitas warung makan, kantin, atau sejenisnya di area wisata hutan bakau ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Mangrove Surabaya

Kebun Raya Mangrove Surabaya dan kompleks Makam Sunan Giri adalah contoh tempat wisata gratis di Kota Surabaya, sehingga pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Namun, pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir.

Selain itu, jika Anda ingin menjelajahi hutan mangrove dengan perahu, Anda perlu membayar biaya sewa perahu. Berikut detail biaya parkir dan sewa perahu dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

RetribusiTarif
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00
Sewa PerahuRp50.000,00

Aktifitas Menarik di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Naik Perahu untuk Menjelajahi Hutan Mangrove

Paling menarik disini, yaitu pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajah area hutan bakau dengan menyewa perahu. Perjalanan dimulai dari sungai dan berlanjut hingga ke muara.

Selama menjelajahi hutan bakau ini dengan perahu, Anda dapat mengamati secara langsung kehidupan pohon bakau. Pengalaman unik ini mungkin tidak dapat Anda rasakan di tempat-tempat lain seperti Telaga Menjer atau danau alami terkenal lainnya.

Bersantai di Gazebo Mangrove

Nikmati momen santai di salah satu dari dua gazebo yang tersedia di sini. Gazebo-gazebo ini memiliki desain arsitektur yang unik, terutama pada bagian atapnya yang terbuat dari anyaman bambu. Suasana di dalam gazebo sangat sejuk dan menenangkan, terutama karena dikelilingi oleh ratusan pohon bakau yang tumbuh subur di sekitarnya.

Selain untuk bersantai, Anda juga dapat menikmati bekal atau oleh-oleh khas Surabaya yang telah dibeli di pusat oleh-oleh terdekat, menambah kesan santai dan menyenangkan selama berada di Mangrove Gunung Anyar.

Menara Pandang

Di sebelah timur bangunan Gazebo, terdapat sebuah menara pandang dengan ketinggian 12 meter. Meskipun tidak se tinggi gardu pandang di Gunung Merapi, menara pandang ini memungkinkan pengunjung untuk melihat seluruh hutan mangrove dengan jelas.

Menara pandang ini memiliki kapasitas maksimal untuk menampung 5 orang. Meskipun terbuat dari bambu dan besi, menara ini tetap aman untuk menampung orang-orang dengan berat badan ideal.

Jogging

Area jogging track ditempatkan di pintu masuk kawasan wisata hutan mangrove ini. Jogging track ini berupa jembatan yang terbuat dari bambu petung, disusun memanjang melewati pohon-pohon bakau. Keunikan dari material bambu ini menambah kesan alami dan menyatu dengan lingkungan sekitar.

Dengan panjang kurang lebih 20 meter, track ini cukup untuk membuat orang yang jogging merasakan keringat. Meskipun tidak terlalu panjang, suasana sejuk dan pemandangan hijau dari hutan mangrove memberikan pengalaman jogging yang menyegarkan dan menyenangkan bagi para pengunjung.

Hunting Foto

Meskipun tidak banyak, pengunjung dapat menemukan beberapa spot foto kekinian di Mangrove Gunung Anyar. Spot-spot ini adalah karya tangan-tangan kreatif warga setempat yang terbuat dari serabut semak kering yang diubah menjadi berbagai bentuk seperti love, bintang, dan lainnya.

Selain itu, jembatan kayu di kawasan wisata hutan bakau ini juga sering menjadi favorit untuk berfoto. Anda dapat berpose dengan berdiri atau duduk santai di tepi jembatan, menciptakan foto-foto yang sangat alami dan menarik.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Dekat Bandara Juanda, Pernah Cobain?

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai Kebun Raya Mangrove Surabaya. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata alam yang unik dan menarik di tengah kota. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti mushola, area parkir, dan spot-spot foto menarik, pengunjung dapat menikmati waktu mereka di sini dengan nyaman dan menyenangkan.

OkJika Anda berencana untuk berwisata keliling Surabaya dan sekitarnya, terutama jika datang dari Bandara Juanda, Anda bisa menggunakan jasa transportasi dari Juragan Transportku. Layanan transportasi ini akan membantu memudahkan perjalanan Anda, memberikan kenyamanan, dan memastikan Anda dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata dengan lebih efisien.

Sebagai agen travel reguler terkemuka di Malang, Juragan Transportku menyediakan layanan rental mobil, baik dengan sopir maupun lepas kunci, serta perjalanan wisata di sekitar Malang dan sekitarnya. Juragan Transportku juga menawarkan layanan travel antara Malang dan Surabaya, serta Malang dan Bandara Juanda. Dengan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Juragan Transportku siap membantu perjalanan Anda di Jawa Timur.